Friday, October 7, 2016

Martapura FC Semakin Kokoh di Puncak


MARTAPURA - Martapura FC kembali berhasil meraup tiga poin pada pekan kedua babak 16 besar Grup C Turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) B, setelah mencukur Persik Kediri 4-0 (2-0) di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, Jumat (7/10) sore. Kemenangan ini semakin memperkokoh posisi anak asuh Frans Sintara Huwae di puncak klasemen Grup C. Keempat gol Laskar Sultan Adam dilesakkan oleh Zulfikar (43), Khusen (45), Ady Setiawan (59) dan Aidil Bogel di menit 90.

Martapura FC kini mengoleksi nilai enam, sementara Persik masih bertahan dengan nilai satu hasil dua kali main. Frans merasa bersyukur karena timnya bermain cukup baik dan mampu tampil menekan, meski Persik Kediri bukanlah tim sembarangan, mengingat sepanjang penyisikan ISC B tak pernah mengalami kekalahan. "Saya bersyukur, anak-anak bisa tampil bagus dan bisa menang besar. Sebab, dalam turnamen yang ketat seperti ini, selisih gol sangat penting," ujar Frans.

Menurutnya, timnya sempat mengalami kebuntuan hingga menit ke-30, sehingga ia menginstruksikan anak asuhnya agar tampil lebih menekan dan jangan sampai memberi peluang gelandang lawan untuk berlama-lama mengolah bola. "Kita sempat mengikuti irama permainan lawan, dan untuk mengubahnya maka perlu tampil lebih menekan dan secepatnya merebut bola agar lawan tidak leluasa mengolah bola. Dan syukur lah kita berhasil keluar dari irama permainan lawan dan malah tampil menekan," cetusnya.

Frans dalam skema itu juga cukup berani memposisikan Ady Setiawan yang sukses mengantar tim PON Sulsel ke final PON XIX Jabar 2016 tadi, di gelandang tengah. Sebab pakem Ady di Martapura FC biasanya di posisi bek tengah. "Kita melihat potensi Ady cukup besar, sehingga kita coba manfaatkan kelebihannya itu. Dan syukurnya, Ady mampu tampil baik dan malah menyumbang sebiji gol," kata mantan kapten Barito Putera ini.

Sementara itu, pelatih Persik, Kashartadi memuji tim lawan yang menurutnya tampil sangat bagus. "Sebenarnya secara materi, kedua tim berimbang. Namun, Martapura FC mampu tampil lebih baik setelah menit ke-30. Gol yang terjadi memang ada faktor kelengahan dari pemain belakang kita. Tapi, secara keseluruhan memang tuan rumah layak menang," kata mantan pemain timnas ini sportif.

Disinggung target, Kashartadi memang tidak ambisius. "Kami ditargetkan lolos 16 besar, namun peluang untuk maju ke babak berikutnya masih tetap terbuka. Persik Kediri bukan tim kemarin sore. Sebelum bermain di Divisi Utama, mereka pernah lama malang melintang di Liga Indonesia dan bahkan sempat mengoleksi dua gelar juara Liga Indonesia. adi


Grup C

    Martapura FC           2  2  0   0   7-2  6
    Perserang Serang       1  0  1   0   0-0  1
    Persik Kediri             2  0  1   1   0-4  1
    Celebest FC              1  0  0   1   2-3  0

No comments: