Thursday, December 10, 2015

Fasja Bersaing dengan Khos


MARTAPURA - Pertarungan perolehan suara antara empat paslon Pilkada Banjar 2015 sementara ini masih menempatkan Fauzan Saleh-Teja Sukmana (Fasja), pasangan independen nomor urut 4 di urutan pertama.

Secara tak terduga, KH Kholilurrahman-Saidi Mansyur (Khos) membayangi di peringkat berikutnya. Paslon nomor urut satu    ini ternyata di luar perkiraan mampu bersaing dengan Fasja. Namun keunggulan ini hanya berkisar untuk kawasan Martapura saja.
Perhitungan yang masih bersifat sementara ini belum menggambarkan hasil secara keseluruhan, sebab data dari belasan kecamatan lainnya masih belum masuk seluruhnya.

Dari data di 29 TPS Martapura, hampir seluruhnya dimenangkan Fasja. Namun, Khos yang didukung PKB, Nasdem dan PKPI ternyata mampu menang di empat TPS, misal di TPS 5 Cindai Alus, Khos meraih 198   suara, Gt Abidinsyah-Mawardi Abbas (Abdi) 21, Gt Chairiansjah-Abdul Hadi (HPC) 37 dan Fasja cuma 31 suara.

Uniknya, Abdi yang didukung Golkar justru menang telak di kandang HPC tepatnya di TPS 10 Keraton, yakni dengan 109 suara, disusul Fasja 50, Khos 28 dan HPC 13 suara.

Dari total data sementara sebesar 6.669 suara sah, Fasja meraih 3.349 atau 50,2 persen, disusul Khos 1.683 (25,2 persen), Abdi 868 (13 persen) dan HPC 769 atau 11,5 persen.

Ironisnya, Chairiansjah-Abdul Hadi yang didukung banyak partai, yakni Gerindra, PDIP, Demokrat, PAN, PKS dan Hanura justru di sejumlah TPS cenderung menjadi juru kunci.

Sebagaimana diketahui, peserta Pilkada Banjar ialah HA Fauzan Saleh – Teja Sukmana, KH Khalilurrahman – Saidi Mansyur dengan sembilan kursi gabungan dari PKB, Nasdem, dan PKPI, P Chairiansyah – Abdul Hadi diusungi Gerindra, PDIP, Demokrat, PAN, PKS, dan Hanura dengan 14 kursi, dan pasangan P Abidinsyah – Mawardi Abbas diajukan Partai Golkar dengan 13 kursi.

Namun, ada pula informasi yang berkembang di medsos, yang diklaim dari salah satu lembaga survei bahwa quick count menghasilkan 1. KHOS 40 %, 2. FASZA 25 %, 3. CH 18 %, 4. ABDI 17 %. adi

No comments: