Wednesday, July 22, 2015

Kejari Martapura Terus Memerangi Narkoba dan Korupsi


MARTAPURA - Kejari Martapura melalui Kajari-nya Slamet Siswanta bertekad akan terus memerangi korupsi, baik dengan jalan preventif maupun represif. Bagaimana pun juga aparat hukum berprinsip, akan lebih baik mencegah kejahatan itu terjadi, sehingga kerugian negara tidak terjadi atau setidaknya diminimalisir.Maraknya penggunaan narkoba jenis shabu di Kabupaten Banjar membuat banyak perkara ditangani kejaksaan. Kasus penyalahgunaan narkoba menjadi salah satu perkara yang paling banyak ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Martapura. Perkara Narkoba menempati urutan pertama di lembaga anti rasuah tersebut.

Kajari Martapura Slamet Siswanta melalui Kasi Pidana Umum (Pidum) Dadan Ahmad Sabari menuturkan, HUT ke 55 Adhyaksa mengungkapkan, kasus perkara narkoba paling mendominasi di wilayah hukumnya. Seringnya penyalahgunaan narkoba di masyarakat, berdampak pada melonjaknya angka penanganan perkara tersebut, jika dibandingkan dengan pidana umum lainnya.

“Saya setuju apa yang dikatakan presiden kalau Indonesia darurat narkoba. Sehingga, hukuman pelaku kejahatan narkoba memang perlu diperberat untuk membuat jera pelaku. Kasus penyalahgunaan narkoba mendominasi,” ujar Dadan, kemarin disela Hari Bhakti Adhyaksa ke-55 tahun pada Rabu (22/7). Dengan tema 'Tingkatkan Kinerja Bela Anak Bangsa', korps Adhyaksa tersebut diharapkan mampu membangun institusi yang siap menghadapi tantangan zaman.

Ditambahkan Dadan, pihaknya banyak menerima kasus yang dilimpahkan pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti ke penuntutan perkara. Dalam kurun waktu Mei 2015, sekitar 400 perkara pidana umum yang sudah rampung ditangani pihaknya. “Secara prosentase narkoba paling banyak dari 400 perkara kasus dalam kurun waktu hingga Mei ini,” bebernya.

Dadan menambahkan, selain penyalahgunaan narkoba, perkara kasus lainnya yakni perjudian menjadi salah satu angka kasus yang terhitung tinggi. Rangkaian HBA ujarnya, diisi beberapa perlombaan yang diikuti keluarga dan anak-anak karyawan. Misalnya, gerak.jalan santai serta upacara di Makam Pahlawan dan acara di Kejaksaan Negeri Martapura. Serta kegiatan sosial anjangsana keberapa panti asuhan hingga pemberian bingkisan ramadhan kebeberapa panti asuhan. rel/adi

No comments: