Wednesday, November 5, 2014

Tagana Nasional Berkumpul di Martapura


MARTAPURA - Ribuan anggota Tagana (Taruna Siaga Bencana) dari seluruh daerah di Indonesia  berkumpul di Stadion Demang Lehman, Desa Indrasari, Kecamatan  Martapura Kota , dalam rangka melaksanakan acara Pembukaan Bhakti Sosial Tagana Nasional, Senin (3/11) malam. Acara Tagana Nasional yang digelar selama empat hari mulai Senin 3–5 November 2014, akan dibuka langsung Menteri Sosial RI Dra Hj Khofifah Indar Parawansa.  Turut hadir pejabat Kementerian Sosial RI,  Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin dan Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh dan para pekerja sosial dan
relawan penanggulangan bencana.Pada acara pembukaan yang berlangsung kemarin, mereka anggota Tagana terlihat dengan  penuh keakraban saling bencengkrama berbagi informasi dan pengalaman selama mendedikasikan diri untuk profesi mulia sebagai pekerja sosial penanggulangan bencana. Dalam acara pembukaan malam kemarin,  mewakili  Menteri Sosial RI,   Dirjen PSKBA Margo Utomo mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya atas sambutan luar biasa anggota Tagana serta dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalsel dan Pemerintah Kabupaten Banjar.

“Kementerian Sosial sangat mengapresiasi, bangga dan terima kasih atas respon luar biasa anggota Tagana se-Indonesia,  Pemprov Kalsel dan Pemerintah Kabupaten Banjar yang dengan penuh kerja keras turut membantu pelaksanaan Bhakti Sosial Tagana Nasional berlangsung di Kabupaten Banjar,” ucap Margo Utomo.

Dijelaskan Dirjen PSKBA Margo Utomo, Jambore Nasional Tagana bertujuan untuk memperkuat jaringan komunikasi antar Tagana di seluruh Indonesia, meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam penanggulangan bencana, meningkatkan kemampuan leadership di lapangan dan meningkatkan kekompakan sesama tim. Sesuai dengan tema acara kita Gawi Sabumi – Gawi Manuntung Bencana Tuntas. Disamping itu, kegiatan ini diharapkan sebagai wahana untuk mengukur tingkat kesiapan relawan Tagana dalam menghadapi kemungkinan bencana.

Sementara itu mewakili Gubernur, Sekdaprov Kalsel, HM Arsyadi mengatakan, suatu kebanggan tersendiri Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Banjar bisa menjadi tuan rumah Jambore Tagana Nasional. “Melalui acara ini mari kita kita eratkan silaturahmi sehingga kerjasama kita semakin kompak ketika di lapangan dan di luar lapangan. Tagana sebagai relawan terlatih penanggulan bencana selama ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat ketika terjadi bencana,” ujar Arsyadi.

Jambore ini diikuti kurang lebih 1.000 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. Pada hari pertama dan kedua acara akan digelar  uji ketangkasan. Materi uji ketangkasan terdiri atas lima materi pokok yaitu, manajemen selter, psikososial, manajemen dapur umum, vertikal dan horisontal rescue, pertolongan pertama gawat darurat, serta navigasi dan survival. adi

No comments: