Thursday, February 27, 2014

Dewan Adat Dayak Gelar Festival Maulid

 
 
MARTAPURA - Kedatangan Wakil Bupati Banjar HA Fauzan Saleh MAg lengkapi kemeriahan Festival Maulid se-Kalimantan Selatan yang diadakan oleh Dewan Adat Dayak Kabupaten Banjar di Taman Cahaya Bumi Selamat(CBS) Martapura yang digelar mulai Senin (24/2) hingga 28 Februari mendatang.
            Acara yang diawali tarian-tarian adat Dayak ini juga dihadiri oleh Perwakilan Dewan Adat Dayak Provinsi Kalsel, Abdus Sani, Pembina Dewan Adat Dayak Kabupaten Banjar H Jahrian SE, serta tokoh-tokoh masyarakat Dayak Paramasan Kabupaten Banjar.

Masyarakat pun sambut antusias festival maulid se-Kalimantan Selatan. Hal ini dapat dilihat dari penuh sesaknya masyarakat yang berbondong-bondong untuk menyaksikan acara yang diadakan Dewan Adat Dayak Kabupaten Banjar ini.
           
Menurut H Jahrian SE selaku Pembina Adat Dayak Kabupaten Banjar bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempersatukan umat dan suku masyarakat dengan sholawat, baik itu suku Banjar serta suku Dayak yang ada di daerah Provinsi Kalimantan Selatan ini.

”Saya berharap semoga dengan diadakannya acara ini menjadi contoh tauladan bagi kita semua, orang atau suku Dayak juga bisa ikut berpartisipasi  meramaikan festival maulid yang diadakan sekarang ini,” ujar H Jahrian.
Dikatakannya, berkat Nabi Muhammad SAW maka rahmat Allah SWT tercurah untuk seluruh makhluk, tak terkecuali suku bangsa manapun, dan apapun agamanya. "Maka tak berlebihan jika suku Dayak pun merasa ikut peduli dengan menggelar festival maulid ini. Sebab, kami percaya, jika maulid digelar, maka rahmat akan turun kepada kita semua," tukasnya.
H Jahrian mengaku salut atas kesediaan tokoh masyarakat adat Dayak Paramasan yang jauh-jauh dari pelosok untuk berhadir memberikan dukungan sekaligus menyaksikan festival maulid tersebut. "Semoga persatuan ini akan terus terpelihara dalam rangka bersama membangun banua kita tercinta," harap H Jahrian yang juga mencalonkan diri ke kursi DPR RI dari Hanura.
            Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banjar menyambut dan gembira dengan dilaksanakannya  acara ini. Pada sambutan Wakil Bupati Banjar HA Fauzan Saleh MAg yang mengatakan bahwa acara ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Banjar, karena kegiatan ini menjadi salah satu media bagi umat Islam untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan Allah SWT.

Ia juga mengatakan bahwa acara ini selain sebagai salah satu media efektif bagi pengembangan kreativitas masyarakat,juga dapat dijadikan sebagai sarana silaturahmi sesama umat masyarakat.
            Di akhir sambutannya Fauzan Saleh berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi perkembangan syiar agama Islam di bumi Serambi Mekkah ini.

Festival maulid pun digelar dengan tabuhan rebana oleh Wakil Bupati Banjar dan didampingi Pewakilan Adat Dayak Provinsi Kalsel serta H Jahrian SE selaku Pembina Dewan Adat Dayak Kabupaten Banjar.

Dan diakhir acara diiringi pemberian penghargaan oleh Dewan Adat Dayak Provinsi Kalsel kepada Wakil Bupati Banjar HA Fauzan Saleh sebagai salah satu pembina Dewan Adat Dayak Kabupaten Banjar.  adi

No comments: