Monday, June 22, 2009

Bakal Diluncurkan SMS Centre

BANJARMASIN - Era informasi dan telekomunikasi yang semakin maju tak urung membuat jajaran Dit Reskrim Polda Kalsel juga harus berbenah. Untuk memberikan pelayanan hukum yang maksimal, bakal diluncurkan SMS Centre yang bisa digunakan masyarakat secara luas.
 Akhir pekan ini, Dir Narkoba Polda Kalsel Kombes Pol Machfud Arifin mengatakan, SMS Centre adalah wadah interaktif antara penyidik dengan masyarakat yang kebetulan sedang memiliki urusan atau kepentingan dengan penanganan kasus yang sedang berjalan.
 Menurutnya, program tersebut adalah kebijakan Kapolri Jendral Pol Bambang Hendarso Danuri (BHD) yang memerintahkan semua jajaran untuk mendukung akselerasi birokrasi Polri ke arah yang lebih maju, inovatif, efisien dan tepat ke sasaran, utamanya pelayanan kepada masyarakat.
 "Nanti, masyarakat yang ingin mengetahui seberapa jauh penanganan kasus yang sedang ditangani penyidik, bisa langsung menyampaikan pertanyaan vis SMS ke SMS Centre," ujarnya.
 Pertanyaan masyarakat bisa dilakukan begitu kasus yang menjadi pusat perhatiannya atau masih berkaitan dengan si penanya, masuk sebagai laporan ke polisi, perkembangan penyidikan, bahkan sampai berkas ke kejaksaan.
 "SMS Centre ini tak sebatas penanganan reskrim di Polda Kalsel saja, karena cakupannya begitu luas, sampai ke polres-polres," bebernya.
 Khusus bagi pelapor atau saksi korban, penyidik juga bakal mengeluarkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) yang tanpa diminta oleh pelapor akan secara rutin dikirimkan penyidik kepada pelapor.
 "Ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk lebih terbuka dan transparan kepada masyarakat dalam menangani maupun menyidik kasus-kasus kejahatan (pidana)," cetus Machfud.
 Sementara itu, Kabag Analis Dit Reskrim Polda Kalsel AKBP Purwanto menambahkan, secara teknis, pelayanan dalam SMS Centre cukup sederhana.
 "Masyarakat tinggal mengirim SMS ke nomor 9165 untuk pengguna kartu Telkomsel dan 9168 untuk pengguna operator selain Telkomsel. Caranya ketik "REG" spasi materi pertanyaan. Dalam beberapa menit, isi pertanyaan akan diproses dan akan dijawab oleh penyidik kasus," jelasnya.
 Layanan tersebut, lanjutnya akan dimulai saat HUT Bhayangkara, 21 Juli nanti. Polda Kalsel sendiri sudah menjalin kerja sama dengan beberapa operator telepon selular di daerah ini. adi 















 



No comments: