Sunday, May 31, 2009

TNI AD Cari Prajurit Karir

BANJARMASIN - Bagi pemuda di daerah ini yang berminat menjadi bintara prajurit karir TNI AD, maka telah terbuka kesempatan untuk mendaftarkan dirinya mulai 25 Mei kemarin hingga 19 Juni 2009 mendatang di Ajenrem 101/Ant Jl Kapten P Tendean dan kodim-kodim yang ada di Kalsel.
 Jumat (29/5), Kepala Ajenrem 101/Antasari selaku Sekretaris Sub Panda Banjarmasin Mayor Mulyadi dalam siaran persnya mengatakan, untuk tahun anggaran 2009 ini, TNI AD sudah membuka pendaftaran bintara prajurit karir.
 "Persyaratan dan administrasi diantaranya, WNI, pria dan wanita yang bukan mantan prajurit TNI maupun Polri. Usia saat masuk pendidikan tanggal 9 November 2009 tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun," cetusnya.
 Selain itu, tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 157 cm bagi wanitanya. Lulusan minimal SMA atau SMK, MA, SPK atau yang sederajat baik negeri maupun swasta yang telah disamakan (terakreditasi).
 Peminat mesti bersih dari catatan kriminal yang dibuktikan melalui SKCK dari polres setempat. Di samping itu, pendaftar harus terlebih dahulu mengantongi persetujuan tertulis dari orangtua atau walinya atau saudaranya. "Ditambah keterangan tidak terikat dinas baik di instansi negeri maupun swasta," bebernya.
 Bagi pendaftar juga harus bebas dari narkoba yang dibuktikan keterangan dari polres setempat, tidak berkacamata, tidak memiliki tindik di telinga (bagi pria) atau tato ditubuhnya, terkecuali karena ketentuan adat istiadat. Calon juga belum menikah dan menyatakan sanggup tidak menikah selama dua tahun setelah diangkat menjadi prajurit.
 Persayaran lain, sanggup ditempatkan di mana saja, dan menjalani ikatan dinas sekurang-kurangnya selama 10 tahun sejak dilantik menjadi bintara prajurit karir. 
 Calon diharapkan datang mendaftar dengan menyertakan pula surat lamaran tulis tangan disertai persyaratan di atas sebanyak enam rangkap, disertai pula KTP, KTP orangtua/wali, KK, akte kelahiran, ijazah dan Danem, juga pasfoto 4x6 cm sebanyak dua lembar.
 "Keterangan lebih lengkap mengenai tata cara pedaftaran maupun persyaratannya, bisa langsung didapatkan di Ajenrem 101/Ant dan kodim-kodim terdekat. Seleksi dilaksanakan di dua tingkat, yakni di Ajenrem 101/Ant untuk pendaftar di Kalsel dan seleksi tingkat pusat di Sub Panpus Banjarmasin untuk calon bintara prajurit karir pria serta Panpus Bandung untuk wanita," bebernya.
 Menurutnya, setelah proses pendaftaran selesai, maka peserta seleksi bintara prajurit karir akan diikutkan berbagai tes mulai administrasi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, tes wawancara dan psikologi. "Semua tahapan tidak dipungut biaya sama sekali," tegasnya. adi 

















No comments: