Sunday, May 3, 2009

Minggu Depan, Pendaftaran Akpol Dibuka

BANJARMASIN - Pasti banyak lulusan SMU/sederajat, sarjana, baik S-1 maupun S-2 yang mengimpikan tampil gagah perwira menjadi lulusan Akademi Kepolisian (Akpol). Nah, mulai minggu depan, tepatnya 4 Mei, bagi yang berminat, Polda Kalsel, termasuk Poltabes Banjarmasin, polres-polres se-Kalsel membuka pendaftaran seluas-luasnya.

Jumat (1/5), Kapolda Kalsel Brigjen Pol Untung Rajab didampingi Karo Pers Kombes Pol Ribut Sukma Haryoko mengatakan, penerimaan Akpol 2009 dibuka 4 Mei hingga 8 Juni mendatang. Adapun pendidikan sendiri mulai dilaksanakan 20 Agustus.

"Penerimaan Akpol tahun ini membuka kesempatan seluas-luasnya, tidak hanya bagi para sarjana, melainkan juga bagi para remaja yang lulus SMU/sederajat," ungkapnya.

Adapun syarat-syarat umum pendaftar antara lain, pria bertinggi badan minimal 163 cm, sedangkan wanita 160 cm. Berat badan seimbang. Bagi SMU/sederajat, memiliki ijazah atau rapor kelas tiga. Sementara bagi sarjana, mesti lulusan perguruan tinggi yang terakreditasi A atau B.

Disiplin ilmu sarjana boleh dari ilmu hukum, FISIP jurusan antropologi sosial, hubungan internasional, ilmu politik, kriminologi dan sosiologi.

Adapun umur maksimal saat dibukanya pendidikan, dari pendaftar umum, SMU maksimal 21 tahun, S-1 maksimal 28 tahun dengan IPK 2,75 dan S-2 30 tahun dengan IPK minimal 3,00. Sementara bagi brigadir polisi yang mau ke Akpol, usia maksimal 24 tahun, dan nilai Dapem minimal 75.

Sarjana yang sudah berkeluarga pun bisa menjadi perwira dengan jalur Sekolah Inspektur selama enam bulan. Perwira ini disebut Perwira Sumber Polisi Sarjana (PPSS).

Adapun syarat mendaftar di PPSS adalah memiliki ijazah S-1 atau S-2 dar perguruan tinggi terakreditasi A atau B. Disiplin ilmu yang dicari antara lain ilmu kesehatan, baik dokter umum atau dokter hewan. MIPA/sains, jurusan biologi, kimia, matematika, fisika dan statistika. Dari disiplin ilmu teknik, baik kimia, elektro arus kuat, metalurgi, dan fisika nuklir.

Dari disiplin ilmu transportasi, jurusan manajemen transportasi dan teknik. FISIP jurusan psikologi dan sejarah, ilmu pendidikan, jurusan kurtek pendidikan, pendidikan dan olahraga, ilmu kelautan, jurusan ahli nautika tingkat III dan ahli teknika tingkat III. Selain itu ilmu ekonomi, jurusan akuntansi dan manajemen, serta ilmu komputer.

Bagi calon PPSS yang pendaftarannya dibuka 4 Mei hingga 8 Juni itu, S-1 maksimal berusia 28 tahun dengan IPK 2,75, sementara S-1 profesi IPK 2,5. Untuk S-2 maksimal 30 tahun dan D-IV IPK 2,75. Pria bertinggi badan minimal 160 cm sedangkan wanita 155 cm.

Brigadir

Sementara itu, lanjut Kapolda, pendaftaran bagi calon brigadir juga dibuka terhitung mulai 27 April tadi, hingga 14 Juli mendatang. Syarat umum antara lain pria tinggi 163 cm dan wanita 160 cm. Memiliki ijazah SMU/sederajat atau rapor kelas tiga. Ketentuan lain, umur maksimal bagi lulusan SMU 21 tahun, D-III 24 tahun dan D-IV atau S-1 maksimal 25 tahun.

Keterangan lebih lengkap, ada di Polda Kalsel bagian Dalpers Biro Personil, atau di poltabes, polres-polres se-Kalsel. "Penerimaan Akpol, PPSS maupun brigadir dilaksanakan secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Pendaftaran tidak dipungut biaya," tambah Karo Pers Kombes Pol Ribut. adi



2 comments:

Anonymous said...

saya dokter usia 29,gmana?saya ingin masuk PPSS...!!!!

Adi Permana bin H Ali Basrah bin Barihun bin Taib bin Katar said...

Kalau menurut pemberitaan itu, PPSS terbuka untuk S-1 berusia maksimal 28 tahun dan S-2 berusia maksimal 30 tahun.