Tuesday, March 3, 2009

Belum Pernah Ke Banjarmasin

BANJARMASIN - Kapolda Kalsel yang baru, Brigjen Pol. Untung S Rajab tiba di Banjarmasin untuk memulai tugas barunya, Selasa (24/2) sore. Namun, ia sempat menyangka kalau Kalsel dan Banjarmasin khususnya penuh asap.
 "Kalau ditanya kesan, ya saya sendiri belum pernah ke Kalimantan atau Banjarmasin. Bertugas di sini pun belum pernah. Bahkan, saya sempat menyangka, di sini banyak asap," ujarnya sambil tertawa kepada wartawan yang meliput kedatangannya di Mapolda Kalsel, kemarin.
 Mengenai bayangan kerja, Untung juga mengaku masih belum melihat dan mendengar paparan, baik situasi maupun kondisi. "Saya belum melihat dan mendengar paparan, situasi di sini saya belum tahu. Kedatangan saya ke sini demi tugas dan ingin mengabdi kepada masyarakat Kalsel," janjinya.
 Terkait komitmennya terhadap penegakan hukum terhadap kasus yang menjadi atensi Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri seperti illegal mining, illegal logging, BBM ilegal dan lain-lain, Untung berjanji akan tetap bertindak tegas. "Yang ilegal-ilegal tetap kita berantas, hukum harus tetap ditegakkan," tandasnya.
 Disinggung mengenai kasus-kasus yang tertunggak, seperti kasus korupsi run way, kasus PT Smart dan lain-lain, Untung mengatakan bahwa dirinya akan segera melakukan pengecekan ke bagian Dit Reskrim, guna mengetahui di mana letak kendalanya.
 "Kasus pidana itu tidak selalu hitam dan putih, bisa terjadi ada masalah teknis, masalah sosial, atau masalah politik yang berkaitan dengan kasus tersebut," paparnya.
 Ia mengaku akan meneruskan kebijakan pendahulunya yang memberikan target khusus bagi polres-polres dalam menangani kasus korupsi, yakni minimal tiga kasus setahun, dan lima kasus setahun untuk Polda Kalsel.
 "Semua program kerja yang sudah dilakukan oleh pendahulu akan kita lanjutkan, karena program kapolda terdahulu masih koma, tak ada istilah selesai atau berhenti, tugas pendahulu tentu akan kita lanjutkan," beber perwira tinggi yang sebelumnya menjabat Kapolda DI Yogyakarta ini.
  Minta diteruskan 
 Sementara itu, mantan Kapolda Kalsel, Irjen Pol. Anton Bachrul Alam, yang kini menjadi Kapolda Jatim mengatakan, selepas tugasnya di Kalsel, ia mengharapkan agar polisi dan masyarakat Kalsel untuk banyak beribadah kepada Allah.
 "Sejak kami di sini (Mei 2008), masyarakat mulai dekat dengan polisi. Polisi sudah banyak berubah ke arah yang lebih baik. Tadi saya ketemu imam masjid Sabilal Muhtadin selepas shalat Ashar berjamaah. Beliau bilang bahwa dulu takut ketemu polisi. Sekarang, aduh.. kalau ketemu polisi, polisinya menyapa apa kabar Pak Imam," ujar Anton mengulang perkataan sang imam.
 Menurut Anton, ia ingin memberikan pemahaman kepada polisi untuk dekat kepada masyarakat dan masyarakat merasa membutuhkan polisi.
 "Saya sudah terangkan kepada beliau bahwa masyarakat Kalsel senangnya begini-begini, jadi apa yang sudah kita laksanakan, tolong lanjutkan. Seperti, keliling dari masjid ke masjid, sehingga bisa silaturahmi dengan masyarakat bawah, karena mereka sangat mengharapkan kehadiran kita," ujarnya ditanya apakah ada pesan khusus buat penerusnya itu.
  Perlu dikembangkan
  Ditambahkan, kerjasama dengan TNI juga perlu dikembangkan, karena sekarang ini sudah cukup solid, dengan upaya saling mengunjungi antara polisi dengan TNI, demikian pula sebaliknya.
 Menurut Anton, program rumah sakit iman telah berjalan baik, karena dari sekitar 7.000-an anggota polisi, sudah 5.500-an yang imannya sudah terobati. Jadi sudah 75 persen imannya insya Allah sudah terobati, tinggal 25 persen lagi. Kapolda yang baru kita harap untuk melanjutkannya," ujarnya.
 "Kepada anggota polisi di Kalsel agar meneruskan apa yang sudah kita lakukan, karena ini amanah dari Allah. Masyarakat di sini senang kepada polisi yang melakukan ibadah. Jangan sampai kendur, apalagi putus, dekat-dekatlah dengan masyarakat. Dalam melayani, perbanyak senyum, yang humanis dan jangan kasar. Kepada masyarakat, doakan polisinya, mereka juga punya tugas berat, dalam mengamankan Pemilu 2009. Mari bekerja sama menjaga keamanan dan ketertiban, supaya masyarakat bisa rukun, damai dan nyaman dalam berusaha," pintanya.
 Hari ini, dilakukan acara serah terima jabatan Kapolda Kalsel, dari Irjen Pol. Anton Bachrul Alam kepada Brigjen Pol. Untung Rajab di Mapolda Kalsel. adi



No comments: