Friday, January 16, 2009

Oknum Provos Polda Terlibat Sabu


BANJARMASIN - Sudah banyak oknum anggota polisi yang dipecat gara-gara terlibat sabu, namun hal itu tidak membuat oknum satu ini jera. Bripka Van, oknum anggota Provos Bid Propam Polda Kalsel ditangkap jajaran Sat II Dit Narkoba Polda Kalsel bersama empat tersangka lainnya, Kamis (15/1) sekitar pukul 18.00 Wita.

Bripka Van ditangkap bersama rekan-rekannya di kediamannya sendiri di Jl Anggrek Kebun Bunga, Banjarmasin. Di rumahnya itu ditemukan seperangkat peralatan menghisap sabu seperti bong, aluminium voil, pemantik api dan lain-lain.

Hal ini tentu saja merupakan tamparan keras ke wajah Polda Kalsel. Pasalnya, oknum ini semestinya menjadi pengawas agar polisi bisa tetap bersifat bersih. Nyatanya, ia justru menjadi bagian dari polisi yang bermental bobrok.

Awal mula kasus, kemarin pagi, melalui upaya undercover buy, jajaran Sat II Dit Narkoba berhasil menangkap Rzl (32) di kawasan Jl A Yani Km 9 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, sekitar pukul 08.00 Wita. Dari balik sakunya, petugas mendapati sejumlah paket sabu dengan berat sekitar 7 gram.

Ketika diinterogasi dari mulut tersangka, warga Jl KS Tubun Kompleks 500 meluncur pengakuan kalau barang haram itu diperolehnya dari Bud. Menurutnya, ia kerap mendapat sabu dari Bud yang berdiam di kawasan Jl Anggrek Kebun Bunga.

Kemudian, sorenya dilakukanlah penelusuran ke kediaman Bud. Ternyata, arah kediaman yang ditunjuk tersangka mengarah ke kediaman Bripka Van.

Seketika itu juga dilakukan pengrebekan mendadak, sehingga seisi rumah terkejut, di mana diduga sedang ada pesta sabu di sebuah kamar.

Sejumlah petugas sebenarnya antara percaya dan tidak. Pasalnya, diantara peserta pesta sabu, terdapat seorang oknum anggota Provos Bid Propam Polda Kalsel yang sudah tidak asing lagi wajahnya, karena hampir tiap hari bertemu di Mapolda Kalsel.

Selain Bripka Van, ada juga Bud, kemudian Ed, juga warga setempat serta Sur, warga Jl KS Tubun. Dalam penggeledahan, di kamar itu polisi menemukan seperangkat peralatan menyabu seperti bong, pipet, aluminimum voil dan lain-lain.

Di tempat itu, para tersangka mengaku baru saja menggelar pesta sabu. Namun, petugas tidak menemukan lagi sabu dalam jumlah besar, karena hanya ditemukan 0,5 gram saja atau sepaket kecil dari balik baju Sur.

Diduga, semua barang yang diedarkan tersangka Rzl berasal dari Sur ini. Namun, polisi masih berupaya keras mengungkap dan mengembangkan kasus ini.

Membenarkan

Kasat II Dit Narkoba Polda Kalsel AKBP Jimmy Agustus didampingi Kanit I-nya AKP Yanto Suparwito membenarkan telah menangkap lima tersangka yang diantaranya seorang oknum Provos Bid Propam Polda Kalsel, Bripka Van. Kasusnya masih dalam pengembangan. adi

2 comments:

Seksi Yanduan Bid Propam Kalsel said...

pecat saja anggota tersebut biar jadi contoh bagi yang lainnya okey

Anonymous said...

Assalamu 'alaikum Bang, mohon tolong komentar dari seksi yanduan bid propam dapat dihapuskan dari komentar diblog tersebut karena anggota kami baru belajar blog dan saya baru mengetahui hal ini. Maaf Bang mohon bantuannya, agar hal tersebut tidak menjadi polemik di internal kami. terima kasih

Hormat kami
Kasi Yanduan Bid (Lakhar)
AKP Suhartono (05117507476)