Tuesday, May 20, 2008

Polri Buka Taruna Akpol Bagi Sarjana

BANJARMASIN - Mabes Polri kembali membuka pendaftaran bagi para sarjana S-1 maupun S-2 untuk masuk Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Anggaran 2008. Pendaftaran dimulai sekarang hingga 21 Juni mendatang.
Menurut Karopers Polda Kalsel Kombes Mulya Karnama melalui Kabag Dalpers Ropers Polda Kalsel AKBP Riduan Arief, Senin (19/5), persyaratan secara umum adalah warga negara Indonesia baik pria dan wanita, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.
Kemudian, setia kepada NKRI, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana karena melakukan tindak kejahatan, berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
Selanjutnya, bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI serta pada saat diangkat menjadi Polri dengan pangkat Ipda, bagi lulusan S-1 diberikan masa dinas surut dua tahun, lulusan S-2 masa surutnya tiga tahun yang berpengaruh terhadap penghasilan dan kariernya. Namun, hal itu tidak mengurangi ikatan dinas pertama selama 10 tahun.
"Lulusan yang bisa mendaftar adalah minimal S-1 dari program studi terakreditasi A, B atau C dengan menyerahkan ijazah dan transkrip asli. S-1 minimal IPK-nya 2,5 sedangkan S-2 IPK-nya terendah 2,75," tukasnya.
Khusus bagi penderita sakit mata minus satu yang dapat dikoreksi menjadi normal, maka untuk S-1 harus ber-IPK 2,75, sedangkan S-2 IPK-nya 3,0. Ada enam fakultas yang diterima, yakni fakultas hukum jurusan ilmu hukum, fakultas ekonomi jurusan akuntansi dan manajemen, FISIP jurusan antropologi sosial, hubungan internasional, ilmu komunikasi, ilmu politik, kriminologi dan sosiologi.
Selanjutnya, fakultas MIPA/sains jurusan matematika, fisika, statistika, fakultas teknik jurusan teknik informatika, serta fakultas ilmu komputer jurusan manajemen informatika, manajemen informatika dan komputer, teknik informatika, teknik informatika dan komputer.
"Umur juga menjadi persyaratan mutlak. Bagi S-1 ketika pembukaan pendidikan taruna tanggal 21 Agustus mendatang, maksimal 28 tahun, sedangkan S-2 maksimal 30 tahun. Tinggi badan pria minimal 163 cm dan wanitanya 160 cm," paparnya.
Persyaratan lain adalah belum menikah dan tidak terikat dinas di instansi lain. Selanjutnya, sudah berdomisili di wilayah hukum pendaftaran, yakni Polda Kalsel minimal satu tahun.
"Pendaftaran bisa dilakukan sejak sekarang di poltabes, polresta dan polres dalam lingkup Polda Kalsel. Jika tahun lalu, ada kuota empat orang, tiga pria dan satu wanita. Maka tahun ini boleh jadi lebih. Yang jelas, penerimaan sangat transparan, gratis dan tidak ada KKN," tegasnya. adi

No comments: