Tuesday, May 20, 2008

Kapolda Janji Percepat Selesaikan PR

BANJARMASIN - Sepeninggal Brigjen Halba R Nugroho, masih ada sejumlah kasus yang tertunggak penyelesaiannya, seperti kasus korupsi run way dan kasus illegal logging AG. Kapolda yang baru, Brigjen Anton Bachrul Alam berjanji akan segera menuntaskan pekerjaan rumah (PR) tersebut.
"Yang belum selesai dikerjakan dan menjadi PR kita akan kita percepat. Itu adalah utang kita. Dalam rapat saya sudah mendengarkan adanya sejumlah kasus menonjol yang masih belum rampung, seperti yang Anda sampaikan," tukas Anton, Senin (19/5).
Biasanya, lanjutnya, ada hal-hal terkait alat bukti yang masih belum terpenuhi sehingga pihak kejaksaan belum bisa meningkatkan kasus-kasus tersebut ke tingkat yang lebih tinggi.
"Termasuk kasus AG. Apa-apa yang masih belum kita lengkapi, akan kita upayakan untuk segera melengkapinya," janjinya.
Menurutnya, pihak Polda Kalsel juga mengupayakan sejumlah kegiatan di 2009 mendatang dalam rangka meningkatkan citra polisi di mata masyarakat.
Intensif pengawasan dan penindakan juga akan diarahkan bagi pelaku penyimpang BBM, illegal logging, illegal mining, narkoba dan sebagainya.
"Kita harapkan dari sekarang, segala tindak kejahatan yang terjadi bisa dikurangi semaksimal mungkin. Ini tergantung komitmen bersama jajaran kita, tentunya dibantu seluruh komponen masyarakat," tandasnya.
Kapolda yang dikenal sangat agamis ini juga mengaku berupaya meningkatkan kesadaran beragama bagi anak buahnya. "Sebagai pemimpin, saya tentu akan dimintai pertanggungjawaban nanti di hadapan Allah tentang bagaimana kepemimpinan saya. Makanya, selagi diberi amanah ini saya menyampaikan kepada jajaran saya agar senantiasa dekat dengan Tuhan. Khusus bagi anggota yang Islam, saya anjurkan untuk memperbanyak shalat, karena shalat dapat mencegah perbuatan munkar," bebernya.
Jika anggota polisi sudah tertanam keimanan sebagai efek tertib menjalankan ibadah, maka pelaksanaan tugas-tugas pun akan semakin baik lagi.
"Menjadi polisi adalah juga bagian dari ibadah kepada Allah. Jika dilandasi akhlak yang tulus dan ikhlas, maka tugas-tugas kedinasan pun bisa dilaksanan dengan lebih baik dan bernilai ibadah. Pokoknya, kalau kita dekat sama Allah, maka segala urusan akan menjadi beres," tegasnya. adi

No comments: