Wednesday, May 14, 2008

Hari Ini Sertijab Kapolda Kalsel
BANJARMASIN – Hari ini, Rabu (14/5), dilakukan serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Kalsel dari Brigjen Halba R Nugroho kepada Brigjen Anton Bahrul Alam di Mabes Polri. Sebelumnya, dilakukan pelantikan oleh Kapolri Jendral Sutanto.
Sesuai jadwal sertijab yang diinformasikan Kabid Humas Polda Kalsel AKBP Puguh Raharjo melalui Wakabid-nya Kompol Abdullah, acara sertijab dilaksanakan di Rupatama Mabes Polri sekitar pukul 08.00 WIB atau 09.00 Wita.
Halba sendiri sekitar pukul 10.00 Wita kemarin, sudah bertolak ke Jakarta. Sebelum berangkat, diadakan acara taklimat awal yang dilakukan Itwasum Mabes Polri yang dihadiri seluruh pejabat utama Mapolda Kalsel, seluruh kapolres dan pejabat penting lainnya di Rupatama Mapolda Kalsel.
Selepas sertijab itu, kedua pejabat, baik Halba dan Anton akan sama-sama bertolak dari Jakarta menuju Banjarmasin. Kedua pejabat akan tiba di Bandara Syamsuddin Noor, Kamis (15/5) besok sekitar pukul 10.00 Wita.
Sebagaimana tradisi di Polri, pejabat baru, Anton akan disambut dengan acara khusus yang disebut penyambutan secara tradisi pejabat baru. "Rencananya, pejabat baru akan disambut dengan tarian selamat dating dari suku Dayak Warukin," ujarnya.
Selain itu, dijadwal sekitar pukul 14.00 Wita hari itu juga, dilakukan serah terima Ibu Asuh Polwan Kalsel dari Ny Hartati Halba kepada Ny Anton Bahrul Alam yang diperkirakan berlangsung di ruang tamu VIP bandara.
Rombongan kemudian bersama-sama menuju Banjarmasin. Sekitar pukul 16.00 Wita, digelar rapat paripurna Bhayangkari di Rupatama Mapolda Kalsel yang berisi paparan hasil tugas selama mengemban Ketua Bhayangkari Kalsel oleh Ny Hartati Halba. Acara itu sekaligus mengukuhkan Ny Anton Bahrul Alam sebagai Ketua Bhayangkari Kalsel yang baru.
Dikatakan Abdullah, kegiatan masih berlangsung pada Jumat (16/5) mulai pukul 08.00 Wita yang mana merupakan acara puncak, yakni upacara serah terima Pataka dan parade perpisahan. Kemudian dilanjutkan dengan tradisi penyambutan untuk pejabat Kapolda Kalsel yang baru di halaman dalam Mapolda Kalsel.
"Malam Sabtu-nya, sekitar pukul 20.00 Wita, diadakan acara pisah sambut dan ramah tamah bagi kedua pejabat di Mahligai Pancasila. Acara itu akan dihadiri pula oleh Gubernur Kalsel, unsur Muspida Kalsel, para pejabat teras dan undangan lainnya," ungkapnya.
Pada Sabtu (17/5) di Rupata Mapolda Kalsel dilakukan acara taklimat akhir yang akan dipimpin oleh Irwasda Polda Kalsel Kombes D Krishermanto. Barulah pada Minggu (18/5), digelar acara pengantaran pejabat lama Halba dari Banjarmasin menuju Jakarta untuk menduduki pos barunya sebagai Ses NCB Mabes Polri yang berkantor di lantai 11 Gedung Mabes Polri Jakarta. adi

No comments: