Rabu, 04 Maret 2009

Penerimaan Taruna Akademi Militer


BANJARMASIN - Kabar gembira bagi warga negara yang berminat menjadi taruna akademi militer (akmil). Ajudan Jenderal Daerah Militer (Ajendam) VI/Tanjung Pura, Ajudan Jenderal Resor Militer (Ajenrem) 101/Antasari telah membuka pendaftaran bagi yang berminat mulai 2 Februari sampai 27 Maret mendatang.
 Kepala Ajenrem 101/Antasari, Mayor Mulyadi, Selasa (3/3), dalam rilis menjelaskan ketentuan dan persyaratan administrasi bagi pemuda yang berminat antara lain, WNI pria yang bukan mantan prajurit TNI atau PNS, beragama dan bertaqwa kepada Tuhan YME, umur
pada masuk pendidikan 1 Agustus 2009 tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun.
 Kemudian, berkelakuan baik, sesuai Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari polres setempat dan tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum yang tetap.
 Disamping itu, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan. Tinggi badan tidak kurang dari 165 cm dengan berat badan seimbang. Lalu, sanggup melaksanakan ikatan dinas selama sepuluh tahun.
 Paling rendah tingkat pendidikan pelamar adalah berijazah SMA/SMU/Madrasah Aliyah atau sederajat, jurusan IPA dengan persyaratan lulusan tahun 2004 sampai 2008 lulus UN nilai rata-rata tidak kurang dari 6,5 (dari sepuluh mata pelajaran). 
 Jika berkacamata/kontak lensa dengan ukuran minimal 1 dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 7,5. Sementara untuk lulusan 2009 akan ditentukan kemudian.
 Setelah ada persetujuan orangtua/wali, harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian yang meliputi, administrasi, kesehatan, jasmani, tes wawancara, psikologi dan akademik.
 Cara pendaftaran, calon datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menyerahkan persyaratan administrasi, antara lain fotokopi dua rangkap, masing-masing Kartu Kewarganegaraan (bagi keturunan WNA), Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir, KTP calon dan KTP orangtua/ wali, Kartu Keluarga, STTB SD, SMP, SMA/SMU berikut Danem atau nilai akhir UN. 
 Bagi yang masih duduk di kelas III SMA/SMU agar melampirkan rapor kelas I sampai dengan kelas III semester I serta keterangan dari kepala sekolah terdaftar sebagai peserta UN. Pasfoto hitam putih terbaru ukuran 4X6 cm sebanyak sepuluh lembar. 
 Adapun tempat pendaftaran di Ajenrem 101/Antasari Jl Kapten Pierre Tendean No 22 Banjarmasin, serta kodim-kodim di seluruh Kalsel. Bagi yang tinggal dekat sub panda, dapat mendaftar di distrik militer terdekat. adi



Tidak ada komentar: